Pameran Kelas - JendelaKu

Pameran Kelas

- JendelaKu - Halo semuanya, pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan materi mengenai Pameran Kelas. Kita akan membahas Pengertian Pameran dan Pergelaran, Fungsi Pameran, Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Acara Pameran, Mengumpulkan Hasil Karya, Membuat Kelengkapan Acara, dan Penataan Ruang. Langsung saja kita simak materinya.

A. Pengertian Pameran dan Pergelaran

Memamerkan atau memperlihatkan karya seni merupakan salah satu tahap kegiatan seni. Karya seni menjadi bernilai dengan adanya penikmat seni. Selain itu, apresiasi dan kritik seni akan meningkatkan kualitas karya sang seniman. Karenanya ada baiknya kita mengadakan pameran dan pergelaran seni kelas guna mengasah kemampuan serta bakat yang kita miliki.

Pameran dan pergelaran adalah kegiatan mempertunjukkan sesuatu kepada orang lain (masyarakat umum) agar mendapat tanggapan dan penilaian. Pameran berbeda dengan pergelaran, karena pameran mengandung arti bahwa hal yang dipertunjukkan statis atau diam. Adapun pergelaran mengandung arti bahwa hal yang dipertunjukkan bersifat dinamis atau ada pergerakan. Jadi, kata pameran lebih cocok untuk seni rupa dan kata pergelaran lebih cocok untuk seni musik, tari, dan drama (seni pertunjukan).

B. Fungsi Pameran

Kegiatan pameran memiliki manfaat atau fungsi yang dapat dirasakan langsung maupun tidak langsung. Manfaat yang langsung adalah sebagai media untuk berekspresi diri, berkomunikasi, pengembangan bakat, dan apresiasi. Adapun manfaat tidak langsung adalah kegiatan ini dapat mengembangkan kepekaan terhadap alam sekitar dan menambah kehalusan budi pekerti.

Pameran berfungsi sebagai media ekspresi diri bagi pembuat karya seni. Dengan adanya pameran, seseorang diberi kesempaatan untuk membuat karya seni untuk kemudian diperlihatkan dan dinilai.

Hal ini juga menimbulkan fungsi pameran sebagai media pengembang bakat. Makin banyak kesempatan untuk pameran, makin banyak latihan untuk mengasah bakat seniman dan makin banyak karya yang dihasilkan. Pameran juga menjadi media komunikasi antara pencipta karya seni dengan penikmatnya. Seniman dapat menyampaikan suatu ide dan pesan lewat karyanya, yang kemudian ditangkap oleh penikmat seni yang melihat pameran.

Dengan demikian, pameran selanjutnya juga menjadi media apresiasi seni. Apresiasi merupakan kegiatan yang meliputi pengamatan, penghayatan, penilaian, dan penghargaan terhadap sesuatu. Dengan pameran, seseorang dapat melakukan pengamatan terhadap karya seni dan memberikan penilaian. Penilaian ini menjadi masukan bagi seniman untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

C. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Acara Pameran

1. Menetapkan Waktu

Pada lingkungan pendidikan, waktu pelaksanaan pameran karya siswa akan terkait langsung dengan rangkaian proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, penetapan pelaksanaan pameran karya siswa ini akan ditentukan oleh pihak sekolah melalui guru mata pelajaran.

2. Menetapkan Tempat

Tempat yang dipilih untuk pameran hendaknya merupakan tempat yang strategis. Tempat tersebut harus mudah dilalui oleh pengunjung, memiliki sirkulasi udara yang cukup baik, serta dapat mungkin memperoleh pencahayaan yang cukup.

3. Menetapkan Kepanitiaan

Sususan panitia dalam suatu pameran dapat bervariasi. Namun yang penting staf panitia inti biasanya terdiri atas susunan sebagai mana berikut ini.
  • Ketua panitia.
  • Sekretaris.
  • Bendahara.
  • Seksi Publikasi.
  • Seksi Perlengkapan.
  • Seksi Dekorasi.
  • Seksi Konsumsi.
  • Seksi Keamanan.
  • Seksi P3K.
  • Seksi Dokumentasi.

D. Mengumpulkan Hasil Karya

Karya-karya yang akan dipamerkan harus dikumpulkan terlebih dahulu. Semua anggota kelas berhak mengajukan hasil karyanya, lalu diseleksi. Gunanya, untuk mengetahui seberapa banyak karya yang akan ditampilkan, sehingga dapat diketahui besarnya ruang yang dibutuhkan dalam pameran karya seni tersebut.

Hasil karya seni rupa dapat dikelompokkan berdasarkan dimensinya dan berdasarkan temanya. Pembagian ini berfungsi untuk membantu penataan sewaktu pameran.

E. Membuat Kelengkapan Acara

Kelengkapan acara merupakan sarana pelengkap dalam kegiatan pameran. Kelengkapan yang diperlukan untuk pameran tingkat kelas antara lain label karya, papan panel, meja patung (pedestal), dan lampu penerangan. Setelah karya-karya dikelompokkan, langkah berikutnya adalah mencatat karya-karya tersebut dengan mencantumkan:
  • Judul.
  • Media.
  • Nama Pembuat.
  • Kelas.

Pencatatan diperlukan untuk memberikan keterangan jika ada yang menanyakannya.

F. Penataan Ruang


Penataan Ruang Pameran Kelas

Tempat pameran sudah kita tentukan berada di ruang tertutup (kelas atau aula sekolah). Acara yang diadakan di ruang tetutup lebih terjamin keamanannya, benda-benda yang dipamerkan lebih terlindungi, dan tidak terganggu oleh panas maupun hujan. Lakukan penataan ruang yang dapat menciptakan suasana aman, nyaman, dan lancar sehingga penonton dapat berapresiasi secara maksimal. Jarak antara satu papan panel dengan papan panel lainnya atau antara papan panel dengan pedestial jangan terlalu dekat, agar pengunjung dapat melihat dengan leluasa. Tentukan pintu masuk dan pintu keluar, atau alur jalannya pengunjung mengamati karya sehingga keadaan lebih aman, nyaman, dan teratur.

Tatalah ruang kelas sedemikian rupa, sehingga karya seni rupa mudah dilihat. Karya dua dimensi (lukisan dan gambar) biasanya dipajang dengan cara digantung pada papan panel sejajar pandangan mata.

Karya tiga dimensi biasanya dipajang pada meja pedestal atau tempat lain yang memungkinkan pengunjung melihat karya dari segala arah. Karya seni rupa juga boleh ditata berdasarkan temanya.

- Terima Kasih Telah Berkunjung -

Daftar Pustaka:
  • Wulandari, Andini. 2014. Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Depok: Arya Duta.

Artikel Terkait:

Bagikan:
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Komentar di "Pameran Kelas"

Posting Komentar

Peraturan Komentar:

- Dilarang spam.
- Dilarang menaruh link aktif.
- Dilarang berkomentar yang berbau SARA.
- Dilarang mempromosikan suatu barang atau jasa di kolom komentar (mengiklan).
- Jika melanggar peraturan komentar maka komentar akan dihapus.

Terima Kasih