Fungsi dan Pelestarian Hutan - JendelaKu

Fungsi dan Pelestarian Hutan

Hutan yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

- JendelaKu - Halo para pembaca setia JendelaKu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi mengenai Fungsi dan Pelestarian Hutan. Langsung saja kita simak materinya di bawah ini dengan baik.

1. Fungsi Hutan

Hutan memiliki banyak sekali fungsi bagi kehidupan manusia. Fungsi hutan tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Mencegah erosi tanah, hutan dilindungi oleh daun-daun yang berguguran. Ketika air hujan mengenai daun-daun, air akan menguap sebelum mencapai tanah, sehingga dapat mencegah erosi tanah.
  • Memengaruhi kesuburan tanah, daun-daun yang berguguran di atas tanah lama-kelamaan akan berubah menjadi humus yang sangat baik untuk pertumbuhan tumbuhan.
  • Memengaruhi persediaan air, hutan memiliki peran penting dalam daur air. Dengan adanya hutan, maka makin banyak air yang terserap oleh tanah dan tersimpan sebagai sumber mata air.
  • Sumber keanekaragaman hayati, hutan merupakan tempat hidup berbagai organisme. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya berbagai jenis tumbuhan, hewan, dan 10 ribu jenis mikroorganisme terdapat di Indonesia.

2. Akibat Penebangan Hutan

Apabila hutan menjadi gundul maka air hujan yang mengalir deras dapat menyebabkan erosi tanah karena sudah tidak ada daun-daun dan akar tumbuhan yang menahan aliran air. Erosi tanah berdampak juga pada kesuburan tanah, karena permukaan tanah yang subur dan banyak mengandung humus terbawa aliran air. Hutan yang gundul juga dapat menyebabkan bencana banjir apabila terjadi hujan yang terus-menerus dan air yang mengalir secara deras tanpa mengalami rintangan dari akar-akar pohon.

Dengan adanya penggundulan hutan, jutaan hektar hutan dan bukit yang merupakan berbagai ekosistem dan habitat berbagai jenis hewan dan tumbuhan menjadi rusak. Lantai hutan yang biasanya teduh dan lembap sebagai habitat berbagai organisme menjadi rusak. Akibatnya sebagian organisme tersebut akan mati.

3. Cara-Cara Pelestarian Hutan

Berbagai tindakan dapat dilakukan untuk pelestarian hutan, antara lain sebagai berikut.
  • Penebangan pohon di hutan dilakukan dengan sistem tebang pilih.
  • Mengusahakan agar penebangan pohon diimbangi dengan penanaman kembali.
  • Mengadakan reboisasi atau menghutankan kembali bekas hutan yang telah rusak.
  • Mencegah kebakaran. Kerusakan hutan yang paling besar terjadi karena kebakaran. Oleh sebab itu, perlu diadakan tindakan pencegahan antara lain dengan: menyediakan jalan yang dapat dilalui kendaraan pemadam kebakaran, mendirikan menara pengamat, dan menyediakan sistem komunikasi yang cepat, sehingga dapat mengetahui sedini mungkin terjadinya kebakaran.

4. Perlindungan Hewan Liar

Perburuan dan penangkapan hewan-hewan yang tak kenal batas telah menyebabkan hewan tertentu di ambang kepunahan. Walaupun kadang perburuan tidak dapat menghabiskan sama sekali suatu spesies, tetapi jumlah individu yang terlalu sedikit dalam suatu populasi spesies tidak memberi kemungkinan terjadinya perkembangbiakan dalam alam bebas. Akhirnya spesies ini akan punah dan tidak akan muncul lagi di planet kita.

Dalam usaha melestarikan hewan-hewan langka, cara yang telah ditempuh oleh berbagai pihak yang berkompeten sebagai berikut.

a. Membuat undang-undang perburuan. Karena melarang perburuan sangat sulit, maka dibuatlah aturan-aturan yang menyangkut perburuan yang antara lain berkenaan dengan:
  • Batas-batas daerah perburuan.
  • Masa berburu, dibatasi hanya pada waktu-waktu tertentu.
  • Jumlah hewan yang diburu oleh seseorang harus dibatasi.
  • Hasil buruan tidak untuk diperjualbelikan.
  • Hanya jenis hewan, dengan umur tertentu yang boleh diburu.

b. Membiakkan hewan-hewan langka yang hampir punah. Misalnya dengan mengisolasi hewan-hewan tertentu, memelihara, serta membiakkannya. Jika telah berkembang biak dengan baik, kemudian dilepaskan ke hutan.

- Terima Kasih Telah Berkunjung -

Daftar Pustaka:
  • Hasim, Muhammad, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Depok: Arya Duta.

Artikel Terkait:

Bagikan:
Buka Komentar
Tutup Komentar

10 Responses to "Fungsi dan Pelestarian Hutan"

  1. ijin bookmark, mau dibaca2 #salamlestari

    BalasHapus
  2. aku paling seneng sama hutan pinus dan hutan karet
    adem udaranya sejuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena semakin banyak pohon tinggi maka kita akan terlindung dari sinar matahari secara langsung.

      Hapus
  3. Sangat lengkap penjelasannya gan bookmark buat pelajaran ade saya

    BalasHapus
  4. bookmark dulu kayanya blognya membantu mas

    BalasHapus

Peraturan Komentar:

- Dilarang spam.
- Dilarang menaruh link aktif.
- Dilarang berkomentar yang berbau SARA.
- Dilarang mempromosikan suatu barang atau jasa di kolom komentar (mengiklan).
- Jika melanggar peraturan komentar maka komentar akan dihapus.

Terima Kasih