Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasannya - JendelaKu

Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasannya

Sapi yang sedang memakan rumput merupakan salah satu contoh ciri-ciri makhluk hidup yang memerlukan makanan.

- JendelaKu - Halo semuanya, pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan sebuah materi mengenai Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Makhluk hidup mempunyai 8 ciri-ciri umum, bagi yang ingin tahu apa saja ciri-cirinya. Silahkan simak materinya di bawah ini.

Makhluk hidup berbeda dengan makhluk tak hidup karena makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri makhluk hidup meliputi beberapa hal, yaitu memerlukan makan, bergerak, bernapas, ekskresi, tumbuh, berkembang biak, bereaksi terhadap rangsangan, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan. Agar lebih jelas, pelajari uraian berikut.

1. Bergerak

Kemampuan bergerak pada makhluk hidup sangat bervariasi. Pada hewan gerakan-gerakan mudah diamati karena memiliki alat untuk bergerak. Contoh-contoh alat gerak pada hewan antara lain kaki, sayap, dan sirip. Sedangkan pada hewan satu sel terdapat kaki semu, rambut getar, dan silia. Gerakan pada hewan biasanya ditandai dengan berpindah tempat.

Kemampuan bergerak pada tumbuhan sangat terbatas. Ujung batang tumbuhan selalu bergerak ke arah datangnya sinar, ujung akar bergerak ke pusat gravitasi. Daun putri malu akan menutup jika disentuh dan sulur pada tanaman kacang akan membelit. Itu semua merupakan contoh-contoh gerakan pada tumbuhan.

2. Memerlukan Makanan dan Air

Fungsi makanan bagi makhluk hidup antara lain sebagai berikut.
  • Untuk pertumbuhan.
  • Untuk menghasilkan energi.
  • Membangun dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Menghasilkan kalori/panas.

Makhluk hidup memperoleh makanan dengan berbagai cara. Sapi mendapat makanan dengan mencari rumput. Harimau mencari makanan dengan berburu hewan lainnya. Tumbuhan memperoleh makanan dengan cara melakukan fotosintesis. Akar tumbuhan menyerap air dan mineral melalui pembuluh kayu, kemudian dibawa ke daun untuk proses fotosintesis. Bagi makhluk hidup yang lain, air digunakan untuk menjaga stabilitas suhu tubuh dan sebagai pelarut berbagai zat di dalam tubuh.

3. Bernapas

Bernapas adalah proses pengambilan O2 dan H2O (air). Gas O2 (oksigen) diperlukan untuk oksidasi makanan yang akan menghasilkan energi yang digunakan dalam aktivitas hidup.

Reaksi yang terjadi pada pernapasan:

C6H12O6 + 6O2 6CO2 + 12H2O + 674 kkal 

Manusia, hewan, dan tumbuhan mempunyai alat pernapasan yang berbeda.

a. Alat pernapasan pada manusia

Alat pernapasan pada manusia terdiri atas rongga hidung, faring, pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok (trakea), dan paru-paru (pulmo).

b. Alat pernapasan pada hewan

Ada hewan yang hidup di darat dan ada hewan yang hidup di air. Perbedaan tempat hidup tersebut menyebabkan alat pernapasannya juga berbeda. Hewan yang hidup di air biasanya bernapas dengan insang, sedangkan hewan yang hidup di darat biasanya bernapas dengan paru-paru.

c. Alat pernapasan pada tumbuhan

Umumnya, pernapasan pada tumbuhan terjadi pada seluruh bagian tubuhnya, yaitu akar, batang, dan daun.

4. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

Zat sisa yang dikeluarkan oleh makluk hidup merupakan zat sisa dari semua reaksi (metabolisme) yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Pengeluaran zat sisa disebut ekskresi, zat sisa tersebut berasal dari sisa-sisa metabolisme dan sudah tidak bermanfaat lagi bagi tubuh atau bahkan hanya dapat meracuni tubuh jika tidak dikeluarkan.

Pada tumbuhan, peristiwa ekskresi antara lain adalah pengeluaran air (transpirasi), dan pengeluaran sisa respirasi yang berupa karbon dioksida. Pada hewan-hewan tingkat tinggi dalam tubuhnya sudah terdapat organ khusus untuk ekskresi, antara lain: kulit untuk pengeluaran air dan garam mineral, paru-paru untuk pengeluaran gas karbon dioksida, ginjal untuk pengeluaran urea, dan hati untuk pengeluaran racun. Pada hewan-hewan tingkat rendah belum memiliki organ-organ khusus untuk ekskresi.

5. Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh berartinya bertambahnya volume, jumlah, dan ukuran sel, sedangkan berkembang berarti berfungsinya organ-organ tubuh (kematangan).

Pada tumbuhan, proses penumbuhan terdapat dua macam yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer diakibatkan dari aktivitas titik tumbuh yang terdapat pada ujung batang dan ujung akar. Pertumbuhan pada ujung batang menyebabkan batang bertambah tinggi dan pada ujung akar menyebabkan akar bertambah panjang. Pertumbuhan sekunder terjadi karena aktivitas dari kambium yang menyebabkan bertambah besarnya diameter batang.

Perkembangan pada tumbuhan antara lain berfungsinya daun untuk fotosintesis dan bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Pada hewan pertumbuhan ditandai dengan bertambah besarnya ukuran tubuh hewan, sedangkan perkembangan ditandai dengan berfungsinya organ tubuh, misalya fungsi alat-alat reproduksi. Pertumbuhan biasanya dapat diukur (bersifat kuantitatif) sedangkan perkembangan tidak dapat diukur (bersifat kualitatif). Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh lingkungan dan faktor dalam tubuh makhluk hidup itu sendiri. Faktor lingkungan antara lain keberadaan makanan, suhu, air, kelembapan udara, dan lainnya. Sedangkan faktor dari dalam tubuh makhluk hidup adalah faktor keturunan (genetis) dan hormon.

6. Berkembang Biak

Untuk mempertahankan kelestarian jenisnya makhluk hidup perlu berkembang biak. Ada dua cara perkembangbiakan makhluk hidup, yaitu sebagai berikut.
  • Vegetatif, yaitu perkembangbiakan tanpa terjadi proses perkawinan. Caranya dengan tunas, fragmentasi, stek, dan cangkok.
  • Generatif, yaitu perkembangbiakan yang didahului dengan adanya pertemuan antara sel telur dan sperma.

7. Peka terhadap Rangsangan (Irabilitas)

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk bereaksi (peka) terhadap perubahan lingkungan sekitarnya. Manusia dan hewan mempunyai alat indra yang terdiri atas mata (peka terhadap cahaya), telinga (peka terhadap suara), hidung (peka terhadap bau), lidah (peka terhadap rasa), dan kulit (peka terhadap sentuhan). Tumbuhan tidak mempunyai alat indra seperti pada manusia dan hewan. Tetapi, tumbuhan juga mempunyai kemampuan iritabilitas, misalnya daun putri malu akan menutup apabila terkena sentuhan.

8. Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan

Makhluk hidup dapat bertahan dengan baik apabila mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Misalnya, tumbuhan kaktus yang hidup di padang pasir menyesuaikan diri dengan mempunyai daun berbentuk duri supaya mengurangi penguapan air. Manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran. Dengan demikian, manusia mampu bertahan pada berbagai kondisi lingkungan dengan cara mengubah lingkungan sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

- Terima Kasih Telah Berkunjung -

Daftar Pustaka:
  • Hasim, Muhammad, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Depok: Arya Duta.

Artikel Terkait:

Bagikan:
Buka Komentar
Tutup Komentar

16 Responses to "Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasannya"

  1. Bagus tuk anak sma gan,lanjut terus.moga bermanfaat bagi murid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga bermanfaat untuk semuanya :D

      Hapus
  2. Jadi inget pelajaran pas sd nih, makasih infonya gan saya bookmark buat belajar adek saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama-sama, silahkan di-bookmark :)

      Hapus
  3. ada yang kurang gan, makhluk hidup bisa mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan sudah pasti :D, ini contoh ciri-ciri umum untuk makhluk hidup :)

      Hapus
  4. nice info..sangat bermanfaat..thanks

    BalasHapus
  5. mantap. jadi inget pelajaran ipa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diingat kembali dengan membaca materi ini :)

      Hapus
  6. persis seperti pelajaran biologi nih tentang ekosistem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, materi ini memang berkaitan dengan materi tentang ekosistem.

      Hapus
  7. Jadi inget dulu waktu masih sekolah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ingat kembali materinya :)

      Hapus

Peraturan Komentar:

- Dilarang spam.
- Dilarang menaruh link aktif.
- Dilarang berkomentar yang berbau SARA.
- Dilarang mempromosikan suatu barang atau jasa di kolom komentar (mengiklan).
- Jika melanggar peraturan komentar maka komentar akan dihapus.

Terima Kasih