Pengertian, Unsur, dan Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi - JendelaKu

Pengertian, Unsur, dan Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

- JendelaKu - Halo semuanya, pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan sebuah materi yang membahas tentang Gambar Ilustrasi. Silahkan simak materinya di bawah ini.

A. Pengertian Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah suatu gambar yang sifatnya menerangkan atau visualisasi dari suatu uraian, baik berupa cerita, berita, karangan, maupun naskah. Pengertian lain gambar ilustrasi adalah lukisan yang digunakan untuk menjelaskan suatu tulisan. Fungsi gambar ilustrasi dapat digunakan sebagai pelengkap cerita atau menghidupkan kritik sebuah cerita yang dibuat ilustrator. Untuk membuat gambar ilustrasi seorang ilustrator harus dapat menguasai gambar bentuk (tumbuhan alam dan benda), gambar anatomi (manusia dan hewan), serta teknik desain tata letak dengan baik,

B. Unsur Gambar Ilustrasi

Beberapa unsur untuk menggambar gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.
  • Gambar makhluk hidup, seperti gambar tumbuhan (pohon, bunga, daun, akar, dan buah), gambar manusia, dan gambar binatang (binatang berkaki dua, binatang berkaki empat, dan jenis binatang lainnya).
  • Gambar benda mati, seperti benda hias, benda peralatan rumah tangga, gambar bangunan, dan sebagainya.

Untuk dapat menggambar ilustrasi dengan baik, maka kita harus mengetahui bentuk-bentuk dasar dari tiap-tiap jenis gambar tersebut.

1. Gambar Manusia

Untuk menggambar manusia, kita perlu menguasai proporsi dan anatomi tubuh manusia. Proporsi menyangkut perbandingan bagian-bagian tubuh manusia seperti kepala, wajah, tangan, dan kaki. Anatomi menyangkut kedudukan (bentuk, ukuran, dan letak) bagian-bagian tubuh manusia tersebut dalam kerangka tubuh manusia secara keseluruhan.

Proporsi manusia berbeda-beda, tergantung dari rasnya. Orang-orang yang berasal dari ras kaukasoid (kulit putih) mempunyai bentuk badan yang tinggi, sedangkan orang-orang mongoloid cenderung lebih kecil. Demikian halnya dengan proporsi orang-orang negroid ataupun ras lainnya. Tinggi tubuh manusia dilihat dari ukuran kepala. Tinggi tubuh orang Indonesia sekitar 7,5 kali ukuran kepalanya.

Demikian pula ukuran panjang telinga adalah seperempat panjang kepala. Untuk menggambar manusia, gunakanlah proporsi  dengan ukuran perbandingan berbentuk kotak. Ukurang perbandingan ini tidak mutlak, tetapi hanya perkiraan untuk mendapatkan gambar manusia yang mendekati perbandingan yang pas.

2. Gambar Binatang

Gambar binatang mempunyai anatomi yang khusus. Bahkan jenis binatang yang satu dengan lainnya mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Teknik menggambar binatang bisa dimulai dengan membuat garis pertolongan berupa bulatan, elips, kotak, atau persegi.

Perhatikan contoh sketsa ilustrasi binatang berikut ini.

Sketsa Ilustrasi Binatang

3. Gambar Tumbuhan

Sebelum menggambar tumbuhan, terlebih dulu harus mengamati pohon yang akan digambar. Hal ini karena menggambar bentuk pohon sesuai dengan bentuk sebenarnya memang sulit dilakukan. Selanjutnya buatlah sketsa. Media yang biasanya digunakan untuk menggambar pohon adalah pensil. Namun, bisa juga menggunakan tinta atau pena, ada juga yang menggunakan teknik arsir atau siluet.

C. Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Ada empat jenis gambar ilustrasi, yaitu:

1. Ilustrasi keredaksian, yaitu ilustrasi yang digunakan untuk menerangkan suatu naskah atau melengkapi perwajahan buku, koran, dan majalah. Contoh ilustrasi keredaksian:
  • Ilustrasi sampul buku atau majalah.
  • Ilustrasi naskah (cerpen atau artikel).
  • Komik, yaitu cerita bergambar yang umumnya mudah dicerna dan lucu.
  • Karikatur, yaitu gammbar lucu yang mengandung pesan, sindiran, dan kritikan.
  • Kartun, yaitu gambar dengan penampilan lucu berkaitan dengan keadaan yang sedang terjadi.

2. Ilustrasi busana, yaitu ilustrasi yang menggambarkan ide atau rancangan busana.

3. llustrasi periklanan, yaitu ilustrasi yang digunakan untuk iklan atau reklame.

4. Ilustrasi ilmu pengetahuan, yaitu ilustrasi yang digunakan untuk menerangkan informasi tertentu dalam ilmu pengetahuan, seperti ensiklopedia, teknik mesin, kedokteran, arsitektur, ruang angkasa, dan sebagainya.

D. Media Menggambar Ilustrasi

Media yang digunakan untuk menggambar ilustrasi, antara lain:
  • Bahan kering, bahan kering yang digunakan adalah arang gambar, pensil, konte, krayon, pensil warna, dan spidol. Caranya dengan mengarsir dan menggosok.
  • Bahan basah, bahan basah digunakan untuk menggambar dengan bahan basah, seperti cat air, cat minyak, cat plakat, dan sebagainya.

E. Teknik Menggambar Ilustrasi

Ada beberapa teknik untuk menggambar ilustrasi, yaitu:
  • Teknik ilustrasi garis, yaitu bentuk gambar yang mengandalkan kemampuan menyusun irama garis-garis untuk mencapai tujuan. Teknik garis dapat dilaksanakan dengan baik dengan bahan basah maupun bahan kering.
  • Teknik pointilistis, yaitu gambar ilustrasi yang bentuknya berupa titik-titik untuk mencapai bagian yang gelap dan terang.
  • Teknik ilustrasi sapuan penuh, yaitu cara penyesuaian gambar untuk mencapai bentuk yang sempurna. Perpindahan gambar dari bagian gelap ke bagian terang mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan dengan sapuan kuas yang halus.
  • Teknik dusel, yaitu cara menggambar dengan bahan kering. Untuk mencapai warna keabuan dari bagian yang gelap ke bagian yang terang disapu dengan alat gosok dusel. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan gambar yang naturalis.

F. Menggambar Ilustrasi

Berikut ini dijelaskan langkah-langkah dalam membuat gambar ilustrasi.
  • Tentukanlah tema gambar, misalnya, tema gambarnya adalah lingkungan hidup, tentang nelayan dengan kegiatannya. Biasanya gambar dimulai dengan membuat sketsa ide yang berupa goresan tipis dengan pensil.
  • Dalam membuat sketsa, kita harus mengatur komposisi yang berupa objek gambar, sehingga didapatkan susunan yang seimbang, proporsional, dan harmonis.
  • Tampilkan suatu suasana gambar berdasarkan cerita. Setelah komposisi disusun dengan baik, kemudian tebalkan dan lakukanlah pewarnaan.

Selain langkah-langkah menggambar ilustrasi, berikut ini dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam membuat komik, yaitu:
  • Buatlah naskah komik berdasarkan urutan kejadian.
  • Buatlah layout yang terdiri atas beberapa frame pada selembar kertas A4 sesuai dengan naskah komik tersebut. Layout berfungsi untuk mengatur komposisi gambar komik yang dituangkan ke dalam frame.
  • Buatlah sketsa sesuai dengan layoutnya pada kertas A4 yang lain, kemudian dipertegas dengan pensil.
  • Setelah itu, buatlah sketsa yang sudah diperjelas dengan drawing pen. Kegiatan ini dapat dilakukan di meja tressing, yaitu meja yang terbuat dari kaca yang di bawahnya diberi lampu.
  • Warnailah sketsa gambar dengan media yang dikehendaki.
  • Setelah diwarnai, isilah balon dengan dialog yang sesuai dengan naskahnya.

- Terima Kasih Telah Berkunjung -  

Daftar Pustaka:
  • Wulandari, Andini. 2015. Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Depok: Arya Duta.

Artikel Terkait:

Bagikan:
Buka Komentar
Tutup Komentar

6 Responses to "Pengertian, Unsur, dan Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi"

  1. Pernah saya mempraktekkan dgn cara teknik dussel, haduh itu tangan belepotan warna dari bubuk pensil ahaha.
    Tapi, emang bener menggambar itu menyenangkan, dan mempelajari teori dari menggambar juga sangat menarik.
    Trims atas artikelnya mas.

    BalasHapus
  2. Habis baca artikel ini, rasa rasanya Jadi pengen gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar aja, sekalian buat belajar.

      Hapus
  3. wah ane kaga suka seni maupun nge gambar gan :D , nyimak aja dah

    BalasHapus

Peraturan Komentar:

- Dilarang spam.
- Dilarang menaruh link aktif.
- Dilarang berkomentar yang berbau SARA.
- Dilarang mempromosikan suatu barang atau jasa di kolom komentar (mengiklan).
- Jika melanggar peraturan komentar maka komentar akan dihapus.

Terima Kasih